Monday 26 August 2013

Seringkali kita tertipu dengan model atau desain yang menarik namun kualitasnya meragukan atau kurang memuaskan, ponsel android saat ini sedang menjamur oleh karenanya produk-produk lokal ataupun china pun banyak yang memanfaatkan hal ini dengan mengeluarkan ponsel android murah dengan fitur mewah namun untuk kualitasnya masih diragukan, oleh karenanya kali ini saya akan membahas cara memilih ponsel andrioid murah tapi berkualitas.

Dalam pemilihan handphone Android hendaknya di perhatikan fungsi handphone yang akan dibeli. Tentunya kebutuhan setiap orang akan berbeda beda tergantung dengan minat masing masing. Ada yang suka nge-game, ada yang buat chat, ada yang buat baca email, ada yang buat gaya gayaan, dan ada yang buat bekerja. Berikut adalah hal hal yang perlu diperhatikan dalam memilih handphone Android.

1. Kecepatan Prosesor (CPU)
Prosesor atau CPU adalah otak dari handphone android anda. Jika anda menginginkan kinerja handphone yang maksimal maka pilihlah CPU yang cukup cepat. Namun, jika anda hanya menggunakan handphone Android anda cuman untuk membaca email, browsing, dan chatting maka CPU dengan kecepatan sedang sudah cukup. Biasanya CPU dengan frekuensi 800MHz – 1GHz sudahlah sangat cukup untuk melakukan kegiatan sehari hari tanpa nge-lag. Jika anda hobi main game, terutama game game 3D maka ada baiknya anda mempertimbangkan kecepatan CPU dengan frekuensi diatas 1.2GHz ataupun CPU dual-core.




2. Kapasitas RAM
RAM adalah singkatan dari Random Access Memory yang berfungsi menyimpan data sementara pada perangkat. Kinerja CPU yang maksimal akan sangat dipengaruhi oleh RAM. Sehingga jika anda hanya menggunakan handphone Android anda untuk pekerjaan biasa seperti chatting, browsing dan email maka RAM dengan kapasitas 256MB – 512MB sangatlah cukup. Sebaliknya jika anda menggunakan handphone android anda untuk keperluan multimedia seperti main game 3D, nonton film HD, dan menjalankan aplikasi berat lainnya maka anda diharuskan memilih handphone Android dengan RAM diatas 1GB.


3. Desain
Bentuk dan model handphone sangat bervariasi. Pastikan anda memilih bentuk yang nyaman buat anda. Begitu juga dengan ukuran layar. Sesuaikan dengan fungsi yang akan anda gunakan. Jika untuk nge-game dan nonton film ukuran layar besar sangat dianjurkan tetapi untuk traveler dan bikers ukuran layar besar bisa jadi menjadi hambatan. So, pilihlan ukuran layar, model dan bentuk yang paling pas dengan anda.

4. Versi Android
Banyak orang memakai handphone Android tanpa tahu versi berapa OS yang dia pakai. Pada dasarnya OS Android yang paling banyak dipakai hingga saat ini adalah versi 2.3 Gingerbread dan 4.0 Ice Cream Sandwich. Pemakaian OS Android yang terlalu lama (dibawah versi 2.3) akan membuat anda kesulitan mencari berbagai aplikasi yang kompatibel. Oleh karena itu disarankan agar selalu memilih handphone android dengan OS Android terbaru contohnya Jelly Bean.




5. Konektivitas
Kita semua tentu tahu android tentu tidak akan lepas dengan yang namanya internet karena memang ponsel pintar jaman sekarang semuanya sudah serba online. Maka dari itu koneksi yang berbasis 3G pun sangat di perlukan untuk menunjang kinerja sistem android. Ketersediaan WiFi juga sangat penting jika kalian berada di kawasan hotspot.

6. Display
Kebanyakan sekarang dari ponsel android mengusung sistem layar sentuh, dan tidak jarang juga produsen-produsen china menawarkan fitur layar sentuh capacitive.Teknologi capacitive itu menjadi pondasi dasar sensitivitas layar ketika disentuh. Jika setiap sentuhan dan sapuan jari direspon dengan lambat, sebaiknya pertimbangkan kembali untuk membeli ponsel tersebut.


Itulah tips yang bisa sarankan untuk anda semoga bermanfaat dan jangan sampai salah dalam memilih ponsel android telitilah sebelum anda membeli sebuah produk.

0 comments :

Post a Comment